Selasa, 02 Oktober 2012

MARASMUS


MARASMUS

  Marasmus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalori protein.
  Penyebab utama marasmus adalah kurang kalori protein yang dapat terjadi karena:
  1. Diet yang tidak cukup
  2. Kebiasaan makan yang tidak tepat seperti yang hubungan dengan orangtua-anak terganggu
  3. Karena kelainan metabolik
  4. Malformasi kongenital.
PATOFISIOLOGI                                                                        
Kurang kalori protein akan terjadi manakala kebutuhan tubuh akan kalori, protein, atau keduanya tidak tercukupi oleh diet. (Arisman, 2004:92). Dalam keadaan kekurangan makanan, tubuh selalu berusaha untuk mempertahankan hidup dengan memenuhi kebutuhan pokok atau energi. Kemampuan tubuh untuk mempergunakan karbohidrat, protein dan lemak merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan, karbohidrat (glukosa) dapat dipakai oleh seluruh jaringan tubuh sebagai bahan bakar, sayangnya kemampuan tubuh untuk menyimpan karbohidrat sangat sedikit, sehingga setelah 25 jam sudah dapat terjadi kekurangan. Akibatnya katabolisme protein terjadi setelah beberapa jam dengan menghasilkan asam amino yang segera diubah jadi karbohidrat di hepar dan ginjal. Selam puasa jaringan lemak dipecah menjadi asam lemak, gliserol dan keton bodies. Otot dapat mempergunakan asam lemak dan keton bodies sebagai sumber energi kalau kekurangan makanan ini berjalan menahun. Tubuh akan mempertahankan diri jangan sampai memecah protein lagi seteah kira-kira kehilangan separuh dari tubuh.

  PENATALAKSANAAN
1.       Keadaan ini memerlukan diet yang berisi jumlah cukup protein yang kualitas biologiknya baik. Diit tinggi kalori, protein, mineral dan vitamin.
  1.   Pemberian terapi cairan dan elektrolit.
  2.   Penatalaksanaan segera setiap masalah akut seperti masalah diare berat.
  3.   Pengkajian riwayat status sosial ekonomi, kaji riwayat pola makan, pengkajian   antropometri, kaji manifestasi klinis, monitor hasil laboratorium, timbang berat badan, kaji tanda-tanda vital.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar